Jumat, 15 November 2013

Akuntansi Sektor Publik



1.   Jelaskan “Organisasi Sektor Publik” dan Sebutkan Jenis2 Organisasi Sektor Publik yang ada di Indonesia?
Organisasi sektor publik — organisasi yang bersentuhan langsung dengan kehidupan publik, memberikan pelayanan, dan memenuhi kebutuhan publik
Contoh organisasi sektor publik: organisasi Pemerintah Pusat, organisasi Pemerintah Daerah, organisasi Parpol dan LSM, organisasi Yayasan, organisasi pendidikan dan kesehatan, dan organisasi Keagamaan

2.     Siapakah Perancang Regulasi Akuntansi Sektor Publik di Indonesia?
Segala peraturan dan perundangan yang mengatur tentang pelaksanaan dan pengelolaan organisasi sektor publik yang ditujukan kepada para pengelola organisasi sektor publik dan pihak-pihak yang terkait dengannya


3.     Sebutkan Perbedaan antara ASP dengan Akuntansi Sektor Bisnis?
ASP :
A.      Tujuan Organisasi: memberikan pelayanan kepada publik
B.  Sumber Pendanaan: pajak, retribusi, sumbangan, subsidi, transfer pendapatan antar organisasi, utang atau obligasi
C.      Kepemilikan: kolektif oleh masyarakat
D. Pertanggung Jawaban: masyarakat dan parlemen, badan pengawas, pemerintah pusat/daerah, investor/kreditor, pemberi donor
E.       Tolok Ukur: sulit diukur
Akuntansi Sektor Bisnis :
A.      Tujuan Organisasi: mencari keuntungan
B.      Sumber Pendanaan: modal sendiri, saldo laba, penerbitan saham, obligasi, utang bank
C.      Kepemilikan: pemegang saham
D.      Pertanggung Jawaban: pemegang saham dan kreditor
E.       Tolok Ukur: pencapaian laba

4.       Jelaskan Pengertian Standar Nomenklatur dan Berikan 2 Contohnya!
A.      Merupakan daftar perkiraan yang ditetapkan dan disusun secara sistematis untuk memudahkan perencanaan, pelaksanaan anggaran, pertanggungjawaban,  dan pelaporan keuangan pemerintah pusat.
Contoh :
A.      Kode angka atau alfabet urut;
1         Kas
2         Investasi sementara
3         Piutang
4         Cadangan kerugian piutang
5         Persediaan
B     Kode angka blok; :  
1- 24 Aktiva Lancar
25 – 39 Investasi Jangka Panjang

5.       Uraikan Pengertian Perencanaan Publik!
Perencanaan adalah proses yang dimulai dengan penetapan tujuan organisasi, yaitu menentukan strategi untuk pencapaian tujuan secara menyeluruh serta merumuskan sistem perencanaan yang menyeluruh untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan seluruh pekerjaan organisasi hingga tercapainya tujuan organisasi.
Tahapan :
1.       Penyusunan Rencana
2.       Penetapan Rencana
3.       Pengendalian Pelaksanaan Rencana
4.       Evaluasi Pelaksanaan Rencana



1 komentar:

  1. nama saya fajar. saya tinggal di bedono di jawa tengah saya berada dalam masalah keuangan yang sangat kronis dan situasi kesehatan terminal beberapa minggu yang lalu. setelah semua pencarian saya untuk bantuan dari teman dan tetangga terbukti gagal, saya merasa tidak ada orang yang benar-benar peduli. saya menjadi sangat lelah karena kurangnya dana untuk mengembangkan bisnis saya dan 2 anak saya yang berusia 5 dan 8 tahun juga tidak tampan karena kurangnya perawatan yang tepat sebagai akibat dari keuangan. suatu pagi yang setia saya melihat seorang teman lama mendiang suami saya dan saya memberi tahu dia semua yang telah saya alami dan dia berkata satu-satunya cara dia bisa membantu adalah mengarahkan saya ke petugas pinjaman yang baik di AS yang juga membantunya, dia menjelaskan kepada saya tentang bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia didorong oleh petugas pinjaman ini (mr pedro yang memberinya pinjaman 7.000.000 usd dengan tarif terjangkau 2. dia selanjutnya meyakinkan saya bahwa mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman sah yang dia temukan secara online. dia memberi saya email mereka & begitulah cara saya melamar dan juga diberikan pinjaman dan hidup saya berubah untuk selamanya hubungi satu-satunya pemberi pinjaman asli mr pedro melalui email / whatsapp +18632310632 pedroloanss@gmail.com untuk menyelesaikan kekacauan keuangan Anda.

    BalasHapus