Rabu, 17 Juli 2013

MANAJEMEN OPERASI


2. Sebutkan berbagai kendala dlm strategi SDM?

Jawab : 1.) Bauran Produk untuk menentukan tenaga kerja musiman atau tetap, 2) Teknologi, Peralatan dan proses memiliki implikasi pada keamanan dan kandungan pekerjaan, 3) Keputusan lokasi memiliki dampak pada lingkungan kerja.

3. Jelaskan mengenai 4 ekspansi / pemekaran pekerjaan?
Jawab : 1) Pemekaran pekerjaan (Job Enlargement), tambahan pekerjaan dengan keahlian sama., 2) Rotasi pekerjaan (Job Rotation), pindah kerja dari satu tempat ke tempat lain, 3) Pengayaan pekerjaan (Job Enrichment) menambahkan perencanaan dan pengendalian pekerjaan, 4)Pemberdayaan pekerjaan (Employee Empowerment), memperkaya pekerjaan, karyawan menerima tanggung jawab untuk beragam keputusan.

4. Jelaskan teori x,y dan z dalam asumsi2 manajemen tentang organisasi/SDM ?
Jawab :
Asumsi – Asumsi pada Teori X:
  1. Hanya membutuhkan lotivasi fisiologis dan keamanan saja.
  2. Orang tidak suka bekerja, sehingga para manajer harus mengontrol, mengarahkan, memaksa dan mengancam karyawan supaya mereka bekerja ke arah tujuan-tujuan organisasi.
  3. Orang lebih suka diarahkan, untuk menghindari tanggung jawab, untuk memperoleh rasa aman. Mereka hanya mempunyai sedikit ambisi.
  4. Harus diawasi secara ketat dan sering dipaksa untuk mncapai tujuan organisasi.  
Asumsi-asumsi pada Teori Y: 
  1. Pekerjaan itu pada hakekatnya seperti bermain dapat memberikan kepuasan kepada seseorang. Keduanya bekerja dan bermain merupakan aktivitas-aktivitas fisik dan mental. Sehingga di antara keduanya tidak ada perbedaan, jika keadaan sama-sama menyenangkan.
  2. Kemampuan untuk berkreativitas di dalam memecahkan persoalan-persoalan organisasi secara luas didistribusikan kepada seluruh karyawan.
  3. Orang secara internal termotivasi untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi yang sudah menjadi bagian dari komitmen mereka.
  4. Orang berkomitmen terhadap tujuan-tujuan sampai pada tahap dimana mereka menerima imbalan personal ketika mereka mencapai tujuan-tujuan tersebut.
  5. Orang akan mencari dan menerima tanggung jawab di bawah kondisi-kondisi yang menguntungkan (favorable).
  6. Orang memilki kapasitas untuk menjadi inovatif dalam memecahkan masalah-masalah dalam organisasi.
  7. Orang itu potensial, namun di bawah sebagian besar kondisi perusahaan, potensi mereka menjadi tidak termanfaatkan.
Asumsi-asumsi pada Teori Z:
  1. Tangung jawab diberikan secara perorangan dan mengakui prestasi individu.
  2. Karena tanggung jawab bersifat individu, maka karyawan bebas bekerja menggunakan keterampilan yang dimilikinya.
  3. Karyawan dipekerjakan seumur hidup, agar terjadi rasa aman dan loyalitas terhadap perusahaan.
  4. Pengambilan keputusan dilakukan dengan cara consensus atau secara terbuka. Walaupun akan memakan waktu yang lebih lama namun tingkat keberhasilan pengimplementasian hasil keputusan yang didapat akan lebih tinggi karena mendapat dukungan dari mayoritas karyawan.
  5. Promosi dilakukan perlahan-lahan dari bawah dan proses evaluasi prestasi d`n promosi dilakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan masalah dengan para karyawan.
 5. Jelaskan bahwa keputusan rantai pasokan mempengaruhi strategi perusahaan
Jawab:


Keputusan  Rantai Pasokan Mempengaruhi Strategi Perusahaan
Strategi
Biaya Rendah
Respon Cepat
Diferensiasi
Tujuan
Pemasok
Penuhi permintaan dg biaya serendah mungkin
Menanggapi perubahan kebutuhan  dan permintaan dg cepat untuk memininalkan habisnya persediaan
Penelitian pangsa pasar; bersama sama mengembangkan produk dan pilihan
Kriteria pemilihan dasar
Pilih terutama karena biaya
Pilih terutama karena kapasitas, kecepatan dan fleksibilitas
Pilih terutama karena keterampilan pengembangan produk
Karakteristik proses
Mempertahankan utiliti rata rata yg tinggi
Menanam modal dalam kapasitas berlebih dan proses yg fleksibel
Proses modular yg menuju mass customization
Karakteristik persediaan
Meminimalkan persediaan di seluruh rantai untuk menekan biaya
Kembangkan sistim yg cepat tanggap, dg persediaan di seluruh rantai untuk menekan biaya
Meminimalkan persediaan dalam rantai untuk menghindari produk menjadi usang
Karakteristik lead time
Memendekan lead time sepanjang tidak meningkatkan biaya
Menanam investasi secara agresif untuk mengurangi lead time produksi
Menanamkan investasi secara agresif untuk mengurangi lead time pengembangan
Karakteristik desain produk
Memaksimalkan kinerja dan meminimalkan biaya
Menggunakan desain produk yg mendorong waktu setting yg rendah dan produksi massal
Menggunakan desain modular untuk menunda diferensiai produk selama mungkin

6. Jelaskan berbagai alasan mengenai keputusan apakah kita membuat sendiri atau membeli?
Jawab:
Alasan untuk membuat
Alasan untuk membeli
1
Mempertahankan kemampuan inti
Membebaskan manajemen untuk dapat memusatkan perhatian pada bisnis utamanya.
2
Menurunkan biaya produksi
Menurunkan biaya akuisisi
3
Pemasok yg tidak sesuai
Mempertahankan komitmen pemasok
4
Memastikan persedian cukup
Memperoleh kemampuan teknik atau manajemen
5
Memanfaatkan kelebihan tenaga kerja atau fasilitas dan menciptakan keuntungan marjinal
Kapasitas tidak mencukupi
6
Memperoleh mutu yg dinginkan
Mengurangi biaya inventori
7
Menghapus kolusi yg dilakukan pemasok
Memastikan sumber alternatif
8
Memperoleh barang unik yg akan menghalangi komitmen dengan pemasok
Sumber daya teknik atau manajerial yg tidak mencukupi
9
Melindungi karyawan dari pemecatan sementara
Resiprositas
10
Melindungi hak cipta desain atau mutu
Barang dilindungi hak cipta
11
Meningkatkan atau mempertahankan ukuran perusahaan

 7. Jelaskan berbagai strategi dalam rantai pasokan!
Jawab:

  1. Banyak Pemasok, penawaran terendah, tanggung jawab pemasok adalah mempertahankan teknologi, keahlian dan kemampuan memprediksi, biaya, mutu dan kemampuan pengiriman yang baik.
  2. Sedikit Pemasok, biaya transaksi dan produksi rendah, hubungan jangka panjang, skala ekonomi.
  3. Integrasi vertikal, membeli perusahaan pemasok. Mengurangi biaya, kualitas terpercaya, pengiriman tepat waktu. Bisa integrasi mundur dan maju, mobil beli perusahaan baja dan maju perusahaan distribusi.
  4. Jaringan Keiretsu, pemasok menjadi bagian dari koalisi perusahaan. Anggota keiretsu dipastikan memiliki hubungan jangka panjang dan karenanya diharapkan dapat berperan sebagai mitra yang memberikan keahlian teknis dan kestabilan mutu produksi untuk manufaktur tersebut.
  5. Perusahaan Virtual, mengandalkan berbagai jenis hubungan pemasok untuk menyediakan jasa atas permintaan yg diinginkan. Perusahaan pemasok menyediakan jasa seperti pembayaran gaji, perekrutan karyawan, perancangan produk, jasa konsultasi, produksi komponen, pengujian atau pendistribusian produk. 
8. Jelaskan 4 fungsi & jenis persediaan?
Jawab:

Empat fungsi persediaan:

  1. Menghubungkan dan memisahkan beragam bagian produksi.
  2. Menghubungkan perusahaan dari fluktuasi permintaan dan menyediakan barang barang yang akan menjadi pilihan pelanggan.
  3. Mengambil keuntungan diskon kuantitas.
  4. Menjaga pengaruh inflasi.

Jenis Persediaan:

  1. Persediaan bahan Baku.
  2. Persediaan barang dalam proses.
  3. Persediaan pemeliharaan/perbaikan/operasi(MRO).
  4. Persediaan Barang Jadi.
9. Jelaskan tentang asumsi model kuantitas pesanan ekonomis/EOQ!
Jawab :  Model Kuantitas Pesanan Ekonomis (EOQ), asumsi:

  1. Permintaan tetap dan bebas.
  2. Lead Time, waktu antara pesanan dan penerimaan diketahui.
  3. Penerimaan persediaan bersifat seketika dan lengkap.
  4. Tidak ada diskon.
  5. Biaya variabel adalah biaya pemesanan dan penyimpanan.
  6. Kekurangan persediaan dapat ditutupi seluruhnya, jika pemesanan tepat waktu.
10. Jelaskan dengan gambar mengenai rencana (perencanaan dalam metode grafik) agregat u/ produksi?
Jawab: 
Lima tahapan dalam metode grafik:
  1. Tentukan permintaan pada setiap periode.
  2. Tentukan kapasitas untuk waktu reguler, lembur dan subkontrak pada setiap periode.
  3. Temukan biaya tenaga kerja, merekrut dan PHK, biaya penyimpanan dan persediaan.
  4. Pertimbangkan kebijakan perusahaan yang dapat diterapkan pada pekerja atau tingkat persediaan.
  5. Buat rencana alternatif dan kaji biaya totalnya.
 11. Jelaskan mengenai strategi yang digunakan oleh manufaktur dlm produksi!
Jawab:

  1. Mempertahankan tingkat tenaga kerja tetap sepanjang periode 6 bulan.
  2. Menjaga tingkat tenaga kerja tetap pada suatu tingkatan yang diperlukan untuk memenuhi permintaan bulanan yang paling rendah (Maret) dan untuk memenuhi semua permintaan di atas tingkatan ini dengan subkontrak.
  3. Merekrut dan memberhentikan pekerja sesuai dengan yang dibutuhkan untuk menghasilkan kebutuhan bulanan secara tepat.
  4. Mempertahankan tenaga kerja konstan 8 pekerja dan menggunakan tenaga lembur untuk permintaan tinggi.
  5. Strategi 1 dan 2 dinamakan strategi bertingkat, strategi 3 dinamakan strategi perburuan dan strategi 4 Strategi perencanaan.
12.  Jelaskan mengenai manfaat MRP?
Jawab: 1) Respon yang lebih baik bagi pesanan pelanggan sebagai hasil dari jadual yang terus menerus diperbaiki. 2) Respon yang lebih cepat terhadap perubahan pasar. 3) Pemanfaatan fasilitas dan tenaga  kerja yang terus ditingkatkan. Tingkat persediaan yang berkurang.

13. Jelaskan dg gambar mengenai perencanaan kebutuhan material !
Jawab: 


 


14. Jelaskan dengan gambaar mengenai struktur MRP!
Jawab :


15. Jelaskan mengenai kepentingan strategi penjadwalan jangka pendek!
Jawab: 
  1. Dengan penjadualan secara efektif, berarti perusahaan menggunakan aset secara lebih efektif dan menciptakan kapasitas yang lebih besar untuk setiap investasi yang ditanamkan, selanjutnya menghasilkan biaya lebih rendah.
  2. Kapasitas tambahan dan fleksibilitas yang terkait ini menghasilkan pengiriman lebih cepat, hasilnya memberikan pelayanan pelanggan yang lebih baik.
  3. Penjadualan yang baik merupakan keunggulan bersaing karena berperan dalam penyerahan yang terikat.
16. Jelaskan tentang penjadwalan pusat kerja berdasarkan sistim perancanaan fokus pd proses!
Jawab: 
  1. Menjadualkan pesanan yang datang tanpa melampai kapasitas pusat kerja.
  2. Memeriksa ketersediaan bahan dan perkakas. 
  3. Menentukan batas waktu untuk setiap pekerjaan dan memeriksa kemajuan batas waktu dan lead pemesanan. 
  4. Memeriksa bahan setengah jadi selagi pekerjaan dilakukan. 
  5. Memeriksa umpan balik pada aktivitas pabrik dan produksi. 
  6. Memberikan statistik efisiensi pekerjaan dan mengawasi waktu operator untuk kepentinganan alisis penggajian dan distribusi tenaga kerja. 
17. Jelaskan tentang persyaratan model persediaan terikat!
Jawab: 

18. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pemborosan, JIT dan Variabilitas!
Jawab: JIT adalah alat yang sempurna untuk membantu para manajer operasi untuk memberi nilai tambah dengan menghilangkan pemborosan  dan variabilitas yang tidak dikehendaki. Pemborosan adalah produk yang disimpan, diperiksa, ditunda dan produk yang sedang menunggu antrian.   Variabilitas adalah penyimpangan yang berasal dari proses optimal, produk sempurna secara waktu.

 19. Jelaskan variabilitas, JIT terjadi pada bidang apa saja?
Jawab: Variabilitas JIT  terjadi pada: 1. Karyawan, mesin dan pemasok menghasilkan unit yang tidak sesuai dengan standar, terlambat atau kuantitas tidak sesuai. 2. Gambar atau speksifikasi teknik yang tidak akurat. 3. Produk yang belum memiliki atau speksifikasi lengkap. 4. Permintaan pelanggan tidak diketahui. 5. Tarik versus Dorong.


20. Sasaran Kemitraan JIT

1. Menghilangkan aktivitas yang tidak perlu.

2.Penghapusan persediaan di pabrik.

3.Penghapusan persediaan transit.

4.Menghilangkan para pemasok yang lemah.





21. Perhatian Para Pemasok :

  1. Keinginan untuk diversifikasi
  2. Penjadualan pelanggan yang lemah
  3. Perubahan teknik
  4. Jaminan mutu
  5. Ukuran lot kecil Kedekatan 

22. PRODUKSI YANG RAMPING

  1. Menggunakan teknik just in time
  2. Mengurangi kebutuhan luas ruang
  3. Mengembangkan hubungan yang erat dengan pemasok
  4. Mendidik para pemasok,
  5. Menghapuskan semua aktivitas kecuali yang memiliki nilai tambah
  6. Mengembangkan kekuatan pekerja
  7. Membuat pekerjaan menjadi lebih menantang
  8. Mengurangi banyak klasifikasi kerja.
23. Pemeliharaan produktif total mencakup apa saja:
  1. Rancangan mesin handal, mudah dioperasikan dan mudah dalam pemeliharaan.
  2. Biaya pelayanan dan pemeliharaan mesin sudah termasuk dalam biaya pembelian.
  3. Membuat rencana pemeliharaan pencegahan yang memanfaatkan praktek operator terlatih, departemen pemeliharaan dan depot pelayanan.
  4. Melatih pekerja untuk mengoperasikan dan memelihara mesin mereka sendiri.
24. Jelaskan tentang kepentingan strategis pemeliharaan dan keandalan!
Jawab: Tujuan pemeliharaan  dan keandalan adalah untuk mempertahankan kemampuan sistim dan mengendalikan biaya. Pemeliharaan mencakup semua aktivitas  yang berkaitan dalam mempertahankan peralatan, sistim agar dapat bekerja dengan baik. Keandalan adalah peluang sebuah komponen mesin atau produk akan berfungsi secara benar pada waktu dan kondisi tertentu.
  


4 komentar:

  1. bagi dong soal-soal yng khusus buat strategi operasinya

    BalasHapus
  2. Contoh soal khusus perancangan Jasa beserta solusinya

    BalasHapus
  3. Online Casino Site 2021 - Choego Casino
    Online casino 카지노사이트 site 2021 바카라 사이트 - Choose your favourite casino games and play from anywhere. Choego Casino gives you the chance to play with 바카라

    BalasHapus
  4. nama saya fajar. saya tinggal di bedono di jawa tengah saya berada dalam masalah keuangan yang sangat kronis dan situasi kesehatan terminal beberapa minggu yang lalu. setelah semua pencarian saya untuk bantuan dari teman dan tetangga terbukti gagal, saya merasa tidak ada orang yang benar-benar peduli. saya menjadi sangat lelah karena kurangnya dana untuk mengembangkan bisnis saya dan 2 anak saya yang berusia 5 dan 8 tahun juga tidak tampan karena kurangnya perawatan yang tepat sebagai akibat dari keuangan. suatu pagi yang setia saya melihat seorang teman lama mendiang suami saya dan saya memberi tahu dia semua yang telah saya alami dan dia berkata satu-satunya cara dia bisa membantu adalah mengarahkan saya ke petugas pinjaman yang baik di AS yang juga membantunya, dia menjelaskan kepada saya tentang bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia didorong oleh petugas pinjaman ini (mr pedro yang memberinya pinjaman 7.000.000 usd dengan tarif terjangkau 2. dia selanjutnya meyakinkan saya bahwa mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman sah yang dia temukan secara online. dia memberi saya email mereka & begitulah cara saya melamar dan juga diberikan pinjaman dan hidup saya berubah untuk selamanya hubungi satu-satunya pemberi pinjaman asli mr pedro melalui email / whatsapp +18632310632 pedroloanss@gmail.com untuk menyelesaikan kekacauan keuangan Anda.

    BalasHapus